7 Ide Usaha Kreatif dengan Modal Minim

shares

 7 Ide Usaha Kreatif dengan Modal Minim - Ada banyak ide usaha kreatif yang bisa Anda coba lakukan. Beberapa membutuhkan modal besar, namun beberapa lainnya tidak.

Beberapa bisa dikerjakan sendiri, beberapa tidak mungkin dikerjakan sendiri. Jadi, sebelum memilih untuk terjun dalam usaha kreatif, sebaiknya pertimbangkan dulu sumber daya dan kapasitas diri sendiri. Jangan sampai usaha yang Anda mulai dengan susah payah, harus hancur karena salah perkiraan.

 7 Ide Usaha Kreatif dengan Modal Minim

7 Ide Usaha Kreatif dengan Modal Minim

Usaha kreatif yang ingin Anda geluti pun bisa ditentukan pula dari siapa yang menjadi target pasar Anda. Apakah Anda mengkhususkan diri pada pasar lokal, atau justru membangun produk untuk pasar internasional.

Sebab, selera antara masyarakat Indonesia pun berbeda dengan masyarakat dunia internasional. Namun tidak perlu bingung dalam menentukan usaha apa yang ingin Anda bangun. Berikut ini beberapa contoh ide Usaha Kreatif Menarik yang bisa Anda jalankan.

1. Membuat peralatan rumah tangga dengan rotan

Mungkin bukan sesuatu yang baru jika rotan dibuat menjadi beraneka ragam kerajinan tangan. Tapi, apakah pernah terpikir olehmu untuk membuat peralatan rumah tangga dengan bahan yang satu ini?

Ya, peralatan rumah tangga dengan bahan rotan ternyata banyak dicari oleh masyarakat karena kekuatannya.

Namun, kebanyakan pelaku usaha membuat peralatan rotan dengan bentuk yang kaku. Dalam ide usaha kreatif kali ini, Anda bisa mencoba untuk membuatnya lebih menarik dengan menyulap peralatan rotan tersebut menjadi karakter-karakter menggemaskan seperti Winnie The Pooh, Hello Kitty, Teddy Bear dan sebagainya.

Ide kreatif ini bisa Anda aplikasikan untuk membuat tempat mainan, kerangjang baju kotor, tempat lampu, tempat tisu, kotak aksesoris dan lain sebagainya yang bisa dibuat dengan rotan.

Untuk harganya, Anda bisa menjual barang-barang rumah tangga yang unik tersebut seharga Rp50.000 sampai ratusan jutaan rupiah.

2. Menjadi dropshipper

Bagi Anda yang ingin membangun usaha kreatif namun terkendala modal, maka bisa memulai dengan menjadi dropshipper.

Caranya pun mudah karena saat ini sudah banyak situs e-commerce yang menawarkan untuk menjadi dropshipper. Tidak adanya modal membuat jenis usaha ini minim risiko.

Keuntungan yang didapatkan terbilang lumayan mengingat tidak adanya modal yang perlu dikeluarkan. Hanya bermodalkan handphone dan internet pun Anda sudah bisa menjadi dropshipper.

3. Jasa pembuat konten

ide usaha kreatifSaat ini banyak brand atau merk yang memilih untuk mengiklankan produknya melalui konten. Baik itu berupa tulisan maupun berupa video. Mengingat saat ini jumlah orang yang suka dengan iklan mulai menurun.

Jadi, para brand memutar otak untuk mengetahui bagaimana caranya menjualkan produk, tanpa memaksa. Salah satunya adalah melalui konten kreatif berupa artikel ataupun video.

4. Fotografer

Fotografer sangat tepat bagi Anda yang kreatif. Saat ini pun banyak orang yang membutuhkan jasa fotografer.

Baik untuk acara pernikahan, peluncuran produk, acara keluarga, dan masih banyak lagi. Memang untuk bisa menjadi fotografer diperlukan modal yang cukup.

Hanya saja, Anda masih bisa menyewa kamera-kamera yang harganya selangit itui. Anda hanya perlu mengasah kemampuan fotografi lebih jauh lagi. Bahkan, seorang fotografer pernikahan saja bisa dibayar hingga Rp8 juta per acara.

5. Videografer

Bagi Anda yang lebih menyukai media video, maka menjadi videografer adalah pilihan yang lebih tepat. Sama halnya dengan fotografer, videografer pun banyak dicari baik untuk pernikahan, event, atau untuk Pembuatan Company Profile dari sebuah perusahaan.

Belum lagi kalau Anda benar-benar sudah dipercaya oleh banyak klien besar. Pasti penghasilan Anda sudah cukup untuk merekrut beberapa karyawan.

6. Catering

Bisnis catering bagi beberapa orang masih merupakan bisnis yang sepele. Sebab hanya perlu memasak sepanjang waktu. Padahal, bisnis catering pun memiliki tantangan yang tidak kalah dari bisnis lainnya. Dalam menjalankan bisnis catering pastinya Anda harus mampu memenuhi selera setiap orang yang berbeda-beda. Ada orang yang suka pedas, ada orang yang tidak tahan pedas sama sekali. Ada orang yang lebih suka rasa manis, ada pula orang yang lebih menyukai makanan gurih.

Oleh karena itu, dalam menjalankan bisnis catering diperlukan kreativitas untuk meramu berbagai menu yang dapat memenuhi selera orang sekaligus. Tentunya ini tidak mudah. Namun, kalau Anda berhasil melakukannya, maka catering Anda akan selalu direkomendasikan oleh para klien yang terpuaskan.

7. Bakery

Apabila passion Anda terletak pada bidang bakery, mengapa tidak membuka usaha bakery? Memang Bakery Merupakan Bisnis yang diisi oleh cukup banyak pemain. Namun, banyak pula orang yang selalu mencari roti, kue, atau biskuit yang lebih enak. Apabila Anda mampu menyesuaikan diri dengan selera pasar, maka usaha bakery Anda pun akan mampu bertahan selama bertahun-tahun.

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar